Menyambut Hari Buku

Oleh Rahmad Adri

Saat tulisan ini sampai sampai ke hadapan pembaca, jutaan orang dari belahan bumi mungkin sedang sibuk mengunggah ucapan “selamat hari buku” terbaik miliknya dengan caption yang diketik–setelah beberapa kali dihapus kemudian diketik lagi–mungkin juga diunggah bersamaan dengan foto dirinya sedang membaca buku dengan angle foto yang instagramable. Yah, tak ada salahnya. Setiap orang berhak merayakan hari buku dengan cara masing-masing.

Sejak tahun 1995 oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) di Paris hari buku sedunia ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas kebutuhan bacaan dan pendidikan sepanjang hayat.

Kehadiran hari buku adalah upaya untuk mendorong bangsa untuk menjadi bangsa yang literat, karenanya kegiatan membaca buku adalah hal yang penting. Menurut data UNESCO, angka ideal ketersediaan buku adalah minimal 3 buku untuk setiap orang dalam setiap tahunnya beberapa negara yang maju saat ini angka ketersediaan buku mencapai 15 buku untuk setiap orang.

Sayangnya, selain indeks literasi yang masih terbilang rendah, ketersediaan buku pun jauh dari kata cukup. Berdasarkan data jumlah buku di perpustakaan umum di Indonesia, terdapat 25 juta buku untuk 270 juta orang. Rasio nasional sebesar 0,09, satu buku ditunggu oleh 90 orang.

Toh, Sejak bangku SD kita memang tak pernah diajarkan untuk membeli dan mendiskusikan buku bacaan, yang ada hanyalah dikte–dan sayangnya kebiasaan tersebut terus berlanjut sampai dewasa, kuliah dan beranak-pinak–mungkin tak pernah sekalipun orang tua merekomendasikan ke anaknya buku bacaan bermutu atau paling tidak membicarakan buku apa yang telah dibaca.

Bangsa kita miskin buku, setali tiga uang dengan rendahnya minat baca. Razia dan pelarangan buku pun masih kerap terjadi. Bangsa yang besar tak hanya menghargai jasa para pahlawan namun juga seharusnya menghargai kekayaan intelektual. Ucapan selamat hari buku saja tak cukup, bebaskan buku sekarang juga!.

*Penulis merupakan Ketua Bidang Infokom HIMAJIP Periode 2017-2018

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
Iklanspot_img

Latest Articles